Khasiat Daun Katuk Bisa untuk Penyakit Kurang Darah (Anemia)


Khasiat daun katuk yang sudah banyak dikenal secara umum selama ini adalah sebagai obat pelancar air susu ibu (ASI). Namun berdasarkan penelitian terbaru khasiat daun katuk juga bisa untuk mengobati penyakit kurang darah atau anemia, hal ini disebabkan karena tanaman sayuran hijau ini memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.

Selain itu daun katuk yang mengandung tujuh senyawa aktif utama itu juga dapat meningkatkan efisiensi absorpsi saluran pencernaan, mengatasi kelelahan, menghambat terjadinya penyakit kronis pembuluh darah dan jantung (kardiovaskuler), serta memperbaiki dan mencegah gangguan reproduksi pada pria dan wanita.

Khasiat Daun Katuk

Kandungan dan Manfaat:
Akar katuk mengandung saponin, flavonoida, dan tanin. Daunnya mengandung zat-zat: protein, lemak, kalium, fosfor, besi, vitamin A, BI dan C. Daun katuk bersifat manis dan mendinginkan, sehingga sangat baik untuk membantu menurunkan demam dan bermanfaat untuk membersihkan darah.

Kegunaan:
  • Melancarkan ASI untuk ibu menyusui
  • Mengatasi penyakit kurang darah (anemia)
  • Menyembuhkan bisul/borok
  • Menurunkan panas demam
  • Membersihkan darah Kotor
  • Akar katuk bisa mengatasi susah kencing
  • Membantu kesehatan mata
  • Penambah vitalitas stamina pria
  • Mencegah osteoporosis

Daun katuk merupakan salah satu tanaman penghasil klorofil terbanyak. Sebagaimana diketahui bahwa dengan mengkonsumsi klorofil sangat bagus dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh, klorofil juga berguna untuk mengatasi parasit, bakteri, dan virus di dalam tubuh.

Daun katuk memiliki kandungan senyawa utama yang butuhkan dalam pembentukan kolagen dalam tubuh dan berfungsi sebagai pengangkut lemak. Karena itulah di Amerika daun katuk merupakan salah satu menu makanan pelangsing tubuh seperti dijadikan salad, daun katuk goreng, atau dijadikan minuman kesehatan sebagai obat herbal anti obesitas.

Efek Samping Mengonsumsi Daun Katuk

Daun katuk memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, namun dalam mengonsumsinya perlu juga mempertimbangkan efek samping yang ada, yaitu terjadinya penghambat absorpsi mineral kalsium dan fosfor, serta sedikit merangsang keluarnya lendir pada saluran napas bagian bawah.

Untuk menghindari risiko efek samping diatas, sebelum dikonsumsi sebaiknya daun katuk tersebut direbus terlebih dahulu dan hindari mengonsumsi daun katuk lebih dari 50 gram per hari secara terus-menerus dalam kurun waktu yang lama. Daun katuk yang masih segar atau dalam bentuk kering lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan dalam bentuk ekstraknya.

Dalam mengonsumsi daun katuk ada baiknya diikuti dengan mengonsumsi bahan makanan sumber mineral, terutama kalsium dan fosfor. Khasiat daun katuk akan menjadi optimal jika kondisi tubuh berfungsi secara baik dan kebutuhan gizi di dalam makanan keseharain juga terpenuhi dengan baik.

Meskipun khasiat daun katuk sangat baik untuk mengatasi penyakit kurang darah (anemia), namun khusus bagi ibu atau wanita yang sedang hamil, sebaiknya jangan mengonsumsi daun katuk dulu karena akan mengganggu proses reproduksi.

Belum ada Komentar untuk "Khasiat Daun Katuk Bisa untuk Penyakit Kurang Darah (Anemia)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel